Ketua MPC Pemuda Pancasila: CSR Itu Hak Masyarakat dan Kewajiban Dunia Usaha

Banyuasin, TTN.com- Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Banyuasin, Bung Dimas, meminta Pejabat daerah sampai ke tingkat desa yang mengelola dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan, bisa menerapkan asas transparansi.

Menurutnya transparansi pengelolaan sangat penting, mengingat dana CSR diperuntukan bagi kepentingan masyarakat banyak.

“Pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa yang wilayahnya ada perusahaan beroperasi, harus bisa transparan dalam mengelola dana CSR yang didapat,” ujarnya kepada awak media

Transparansi juga penting agar tidak ada pertanyaan di masyarakat. Terlebih dana CSR yang diterima rutin ini terbilang cukup besar.

“Intinya harus bisa profesional dan menghadirkan kepercayaan untuk masyarakat,” tegasnya.

Kepala desa terkait juga perlu mempertimbangkan masukan dari warga terkait peruntukan CSR. Ini poin penting agar bisa digunakan secara tepat sasaran.

Kepala desa turut diharap mensinkronkan peruntukan CSR sesuai program pemerintah daerah.

“Oleh karena itu penting bagi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan lainnya untuk mengawal ini semua,” jelasnya.

Secara khusus, ketua majelis pimpinan cabang PEMUDA PANCASILA kab.Banyuasin juga mewanti-wanti agar kepala daerah sampai ke tingkat kepala desa tidak memanfaatkan jabatannya untuk kepentingan pribadi. Mereka harus bisa amanah dalam menjalankan tugasnya.

“Jangan sekali-kali bermain-main atau menyalagunakan peluang untuk kepentingan pribadi,” tegas tokoh pemuda banyuasin ini.

Keberadaan CSR sendiri dinilai sangat membantu peran perusahaan di tengah masyarakat. Banyak pelayanan sosial dasar yang dibantu perusahaan di sekitar wilayah operasi mereka.

“Seperti CSR dari PT. Mayora Group sangat bermanfaat untuk masyarakat Desa Sukajadi dan beberapa desa lainnya. Mereka membantu ketersediaan sumur bor sampai akhirnya masyarakat bisa menikmati air bersih secara geratis,” ungkapnya

Hal seperti demikian alangkah baik lagi jika di lakukan juga oleh perusahaan perusahaan lainnya.

“mengingat di kabupaten Banyuasin ini berdiri ratusan perusahaan besar yg seyogyanya dapat turut serta membangun banyuasin untuk semakin maju” pungkasnya.

Tim /Joni Karbot